Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan AC Sendiri di Rumah

cara membersihkan ac sendiri

Membersihkan AC sebaiknya dilakukan secara rutin. Tidak perlu memanggil penyedia jasa layanan untuk membersihkan AC, dilakukan sendiri pun sebenarnya mudah. Selain itu akan lebih hemat, bisa dilakukan sesering mungkin, minimal satu bulan sekali. Cara membersihkan AC secara umum ada 2 proses, yaitu pembersihan untuk bagian dalam (filter dan penutup AC) dan bagian luarnya (komponen evaporator).

Cara Membersihkan AC

AC ruangan dapat menjadi sarang bakteri, virus dan debu. Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan secara berkala. Sebaiknya dilakukan sesering mungkin, tidak perlu menunggu satu bulan. Jika sebelum satu bulan namun filter AC sudah terlihat penuh debu, alangkah baiknya segera dibersihkan. Berikut cara membersihkan AC dengan mudah, yang dapat dilakukan sendiri di rumah.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membersihkan AC, pastikan alat dan bahan sudah disiapkan lengkap. Jangan lupa untuk menggunakan alat pelindung diri. Seperti sarung tangan dengan bahan lateks (karet), masker, dan pastikan alat pelindung dan baju tidak dalam keadaan basah. Alat dan bahan yang diperlukan seperti:

  1. Sikat gigi bekas atau kuas dengan ukuran sedang
  2. Obeng
  3. Kain lap (kering dan basah)
  4. Air bersih secukupnya
  5. Ember
  6. Selang air
  7. Gayung

2. Cara Membersihkan AC Bagian Dalam

Sebelum memulai membersihkan AC, pastikan AC sudah dalam keadaan mati. Bila perlu, matikan sumber listrik yang terhubung dengan AC tersebut. Kemudian bagian saklar tersebut dapat ditutup dengan lakban. Hal ini guna menghindari percikan air masuk ke lubang saklar. Setelah itu, lakukan cara membersihkan AC seperti berikut:

  • Buka penutup AC dengan obeng.
  • Lakukan pengecekan pada filter untuk mengetahui keadaan filter. Jika tidak ada kerusakan pada filter, bersihkan filter dengan menggunakan sikat gigi bekas atau kuas.
  • Setelah itu, bersihkan di bagian roller fan dengan kain lap basah, sampai bersih dan lap kembali dengan lap kering.
  • Cuci bagian AC dengan menyiramkan air secara perlahan. Jika sudah bersih dan kotoran debu sudah lurh semua, tunggu hingga kering.
  • Pasang kembali penutupnya, dan jangan langsung nyalakan AC terlebih dahulu. Tunggu kurang lebih 2 jam agar air yang tersisa di dalamnya benar-benar hilang.

3. Cara Membersihkan AC Bagian Luar

Jika bagian dalam sudah selesai dibersihkan, sementara menunggu kering, bersihkan bagian luar AC. Bagian luar AC terdiri dari komponen kumparan evaporator dan selang pembuangan. Hal ini yang menjadi fokus pembersihan. Cara membersihkan AC bagian luar dapat dilakukan dengan langkah berikut:

  • Gunakan kuas atau sikat untuk membersihkan debu pada bagian yang menempel di kisi-kisi pendingin.
  • Siapkan ember dan air bersih. Kemudian buka penutup bagian luar yang terbuat dari plastic. Siramkan perlahan ke kisi-kisi AC dari bagian depan tanpa perlu melepas kipasnya.
  • Siramlah lebih kuat untuk bagian sela-sela fan, agar kotoran kerdorong keluar.
  • Ulangi beberapa kali sampai air yang menetes ke bawah sudah tidak bercampur kotoran lagi.
  • Jika sudah benar-benar bersih, pasang kembali penutup yang melindungi fan. Diamkan sampai benar-benar kering kurang lebih 2 jam.
  • Selain itu, cek juga selang pembuangan air AC, apakah ada yang bocor atau tidak. Segera lakukan penggantian jika terjadi kebocoran.

Beberapa langkah cara membersihkan AC di atas dapat dilakukan sendiri. Jika jumlah AC lebih dari satu, maka dapat dilakukan secara bergiliran setiap minggunya. Namun, jika memang merasa kesulitan, tidak ada salahnya juga untuk meminta bantuan tenaga pelayanan yang profesional.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan AC Sendiri di Rumah"

Snowflake Background Bundle
Spectacular Collection